banner 728x90

Kelurahan Maccini Sombala Kembali Terima Study Tiru, Kali ini dari Provinsi Kaltim

  • Bagikan

NusantaraInsight, Makassar — Pada Selasa, 28 November 2023 Pemerintah kelurahan Maccini Sombala kembali menerima kunjungan studi tiru dari Provinsi Kalimantan Timur.

Kunjungan study tiru ini, berjumlah 88 orang dari Kecamatan Sangatta Utara, Kota Kutai Timur dan Kecamatan Teluk Pandan. Mereka terdiri dari Lurah, Kepala Desa, RT, RW, LPM dan juga TP PKK.

Mereka diterima langsung oleh Lurah Maccini Sombala Saddam Musma di Baruga Amalia Kantor Kelurahan Maccini Sombala.

Saddam Musma dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan ini merupakan provinsi yang ke-12 datang di kelurahan Maccini Sombala.

Ia juga menyampaikan bahwa penerapan program inovasi ini adalah wujud kerjasama seluruh stakeholder baik itu dari unsur Pemerintah, PKK, pentahelix serta warga masyarakat yang sadar akan penerapan program pemerintahan di kelurahan Maccini Sombala.

Ia kembali memaparkan potensi, inovasi program yang diterapkan di kelurahan Maccini Sombala diantaranya Lorong Wisata, CCTV Lorong, Program Penanaman cabe serta penerapan Inovasi Shelter warga yang dipandang efektif dalam pengaplikasiannya di kelurahan Maccini Sombala.

BACA JUGA:  PJ Gubernur Jelaskan Potensi Sulbar

“Shelter Warga ini, lokus kerjanya adalah khusus dalam penyelesaian masalah perlindungan Perempuan, ibu dan Anak,” jelasnya.

Sementara itu, Hasdianah mewakili tim Study Tiru dalam sambutannya mengatakan bahwa diharapkan peserta mengimplementasikan program dan inovasi kelurahan Maccini Sombala di tempat masing-masing.

Begitu juga dengan 10 program PKK yang di realisasikan oleh TP.PKK Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate yang di pandang aktif dan efektif.

“Seperti halnya adanya program posyandu ceria, Rumah Gizi, kebun PKK, serta Up2k,” ucapnya.

Setelah sesi sharing dan tanya jawab yang dilaksanakan di Baruga Amalia dilanjutkan dengan kegiatan Study Tiru di beberapa Lokus Lorong Wisata yang sudah disiapkan yakni Lorong wisata Okinawa dan Lorong Wisata Tokyo dimana masing masing mempunyai potensi yang berbeda beda, seperti halnya di Lorong wisata yang ditonjolkan adalah potensi Kebudayaan dimana terdapat Lembaga Adat, Kampung KB, Bank Sampah, Kelompok Tani Lorong, Budidaya ikan lele, Koperasi Lorong serta Terdapat budidaya Maggot, begitu juga dengan potensi Lorong Wisata Okinawa yang berlokasi di Jalan Gusung Jihad RW.08 Maccini Sombala yang lebih menonjolkan Pengaplikasian program PKK seperti UP2K, kelompok tani lorong, Posyandu, Rumah Gizi, Dapur gizi, Perpustakaan, shelter warga serta Ruang LPM yang berada di satu Kawasan terpadu

BACA JUGA:  Kelurahan Maccini Sombala dan Universitas Islam Makassar Lakukan MoA

Kunjungan yang bertajuk Bimbingan Teknis, Pelatihan Tupoksi dan Program Kerja Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan yang dilaksanakan di Baruga Amaliah disambut antusias oleh peserta kunjungan khususnya terkait tentang inovasi-inovasi dan penerapan program pemerintah di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate.

  • Bagikan